nothing's gonna change

biz baca bullboardnya mantan guru sosio gue pas kelas 1 sma. judulnya bagaimana caranya memeluk seekor landak. "99% dari kita melampiaskan kemarahan justru pada orang yang terdekat dan paling kita cintai. dan biasanya akibatnya fatal" itu kalimat pembukanyah.

isinya ttg cerita seorang anak kecil namanya Ajeng. one day nyokap bokapnya yg seharian kerja pulang dan dia seneng banget liat mereka pulang. pas masuk rumah mereka udah cape dan suntuk. Ajeng nyamperin mamanya yg mijit2 palanya dan nanya mana yg sakit segala macem. yah namanya anak kecil. dan nyokapnya malah marah2 dan ngebentak ga ingin diganggu. she went back off. dan ngerasa bahwa dia ga diinginkan disana. loncat ke another day. kejadian yg sama. Ajengnya udah gede. mama papanya pulang kantor. dan dengan sigap Ajeng cabut ke kamarnya. tinggallah nyokap bokapnya makan berdua ajah dan masih bisa ngedumel : "
Mengapa anakku
sendiri, yang kubesarkan dengan susah payah, dengan kerja keras, nampaknya tidak suka menghabiskan waktu bersama- sama denganku? Apa salahku? Apa dosaku? Ah, anak jaman sekarang memang tidak tahu hormat sama orangtua! Tidak seperti jaman dulu.

pingin ketawa aja abiz baca bullboard ituh. mirip deh sama apa yg terjadi sekarang sama gue. jangan pernah berharap seorang anak akan menjadi a kalau selama ini dibesarkan buat menjadi b. sampe kapanpun ngga akan segampang itu berubah haluan.

udah berapa sering lah hal itu terjadi. dimana2 kok. ga di tempat gue aja sih emang. dan yah begituhlah. kadang2 1 hal malah bisa berbuntut panjang. tanpa orang yg menyebabkan itu sendiri sadar akan hal itu. biasa banget. dan dengan biasa bangetnya lagi malah nyalahin orang lain.

oke yah emang mereka cape kerja dan segala macem. dan yah uang itu emang diperluin buat hidup di jaman sekarang. cuma yahhh..kalo sampe kaya begituh sih, jangan salahin anaknya juga. entah gimana gue nangkep, seorang manusia justru sangat mengerti akan "perlakukanlah orang seperti apa kamu ingin diperlakukan" jusru pas dia kecil. kalo orang udah gede mah bisa aja nyembunyiin emosinya segala macem. nahan2 emosi. anak kecil yahh mana bisa. apa yang dia rasa ya apa yg dia keluarkan dan dia lakukan.

yang bikin keluarga dysfunctional yah emang mungkin ngga bisa dijudge karena orang tuanya juga sih. kadang2 anaknya juga gtw diri. cuma yah orang tua sih faktor gede yah. secara pas masih kecil, orang tau apaan sih? masih lom tau bedain mana bener mana salah. blom tau kadang2 emang harus ngelakuin sesuatu yang sebenernya ngga harus dilakukan. dan hal2 rumit laennya lah. anak kecil yah anak kecil. masih polos dan terima ajah begituh semuanya. perannya orang tua gede gituh loh dalam hal beginian. yah kalo dasarnya ajah udah ngga beres, yah jangan harapkan nanti gedenya beres sendiri seberes2nya. pasti masih ada lah bekasnya juga. dan ini kalo gedenya juga bisa beres. kalo ngga bisa susah lagih sih emang.

yah begituhlah. that's why gue berpikir, even gue masih 17 taon dan married2 things itu kesannya masih jauuuuuuuu banget dari keadaan gue sekarang. gue melihat itu sebagai sesuatu yang gede banget tanggung jawabnya. married ngga cuma sekedar lu hidup bareng sama orang yg lu sayang dan punya anak. it's more that that! bigger than that. bisa ngga lu bangun sebuah keluarga yg functional? bisa ngga bikin lingkungan yang kondusif buat anak2 lu? ngga usah lah sampe segala2nya perfect. cukup buat bikin mereka bener aja. susah banget ngelakuin itu semua di jaman sekarang. dimana tuntutan segala2nya tuh gede banget! mending ngga usah kalo ngga sanggup deh..daripada cuma nambah2in orang frustasi aja di dunia ini. malah bakal menimbulkan kekecewaan segala macem di setiap orang yang terlibat. semuanya. ngga kecuali.

Comments

Popular posts from this blog

Pirate Radio (The Boat that Rocked)

bubbly by colbie caillant

A piece of wisdom